PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MIS SAKTI
Oleh : Eka
Yusna
A. Latar
Belakang Masalah
Pelaksanaan pendidikan secara umum atau informal,
dapat berlangsung dalam suatu keluarga dan masyarakat. Namun secara formal,
pendidikan suatu bangsa berlangsung di sekolah. Pelaksanaan pendidikan tersebut
ditujukan untuk melahirkan generasi yang tumbuh dengan bekal ilmu pengetahuan
dan keterampilan sebagai corak perkembangan bangsa dan negara di masa yang akan
datang.
Meskipun pendidikan
formal berlangsung di sekolah, namun keberhasilan pelaksanaan program
pendidikan dan pengajaran tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor
intern seperti motivasi, cara belajar, kelengkapan sarana dan prasarana
pendidikan serta faktor ekstern lingkungan sekolah, orang tua serta lingkungan
masyarakat sekitar siswa.
Oleh sebab itu dalam
melaksanakan pendidikan, setiap pendidik .perlu meninjau berbagai aspek yang
ada pada si anak seperti bakat, intelegensia, minat, keturunan dan keadaan
lingkungan (Nasution, 1984 : 36). Dengan perbedaan lingkungan sosial anak yang
sangat bervariasi, maka bila guru memberikan pelajaran kepada anak juga akan
membersihkan hasil yang sangat bervariasi pula.
Untuk mencapai tujuan
program pelajaran yaitu peningkatan prestasi pengetahuan anak tersebut, maka
aspek kehidupan sosial pada masing-masing anak didik sangat menentukan. Salah
satu aspek yang berpengaruh terhadap kesiapan dan peningkatan prestasi belajar
anak didik adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Sebagai faktor ekstern
yang berada di luar lingkungan sekolah, maka sebagai subjek pelaksana
pendidikan di sekolah, kompetensi guru dalam mengelola pelaksana proses belajar
mengajar haruslah benar-benar mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang
efektif tanpa membedakan latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua
siswa.
Sebagai faktor sosial,
tingkat pendidikan orang tua akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan
wawasan sehubungan dengan cara membimbing atau mengarahkan anaknya dalam hal
pendidikan dan peningkatan prestasi. Sedangkan jenis pekerjaan orang tua akan
menentukan tingkat pendapatan yang pada gilirannya akan menentukan kemampuan
setiap orang tua untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan anak. Kedua hal
tersebut pada gilirannya akan sangat menentukan tingkat keberhasilan anak dalam
pendidikan dan pencapaian prestasi yang lebih baik.
Dengan tidak melihat perbedaan
latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua siswa tersebut, setiap guru
diharapkan mampu menciptakan peningkatan prestasi anak didik secara optimal ke
arah pencapaian tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Berdasarkan uraian
singkat di atas, maka timbul pertanyaan apakah perbedaan tingkat pendidikan dan
pekerjaan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah.
Untuk itu perlu kiranya diadakan suatu penelitian secara lebih khusus
sehubungan dengan permasalahan pengaruh perbedaan tingkat pendidikan dan
pekerjaan orang tua terhadap prestasi anak belajar anak dalam mata pekerjaan
Aqidah Akhlak. Seluruh hasil penelitian tersebut akan terangkum dalam skripsi
yang berjudul “Pengaruh Pendidikan Dan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Prestasi
Belajar Anak” (Suatu Studi Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Mis
Sakti).
B. Rumusan Masalah
Untuk lebih mempertegas hal yang dijadikan target
penelitian, maka dapat dirumuskan permasalahan sehubungan dengan judul
penelitian ini yaitu : Apakah tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua
berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa MIS Sakti dalam
mata pelajaran Aqidah Akhlak
C. Tujuan dan Mamfaat Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini
antara lain adalah : Untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan dan
pekerjaan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MIS Sakti dalam
mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Penelitian ini diharapkan
akan memberikan mamfaat antara lain :
a. Sebagai masukan bagi guru dalam usaha meningkatkan prestasi
belajar anak didik khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
b. Sebagai penyajian
informasi kepada pihak penyelenggaraan pendidikan dan pihak lain yang tertarik
sehubungan dengan permasalahan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua serta
pengaruhnya terhadap prestasi belajat anak.
D. Postulat dan Hipotesis
Postulat merupakan anggapan sementara sebelum
melakukan penelitian sebagai jawaban dari permasalahan. Winarno Surachmad
mengatakan bahwa anggapan dasar atau postulat adalah sebuah titik
tolakpemikiran yang kebenarannya diterima oleh penelitian.
Sehubungan dengan hal
diatas, maka yang menjadi anggapan dasar dalam penelitian ini adalah :
1. Tingkat pendidikan
(pemahaman) orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak sangat berpengaruh
terhadap prestasi belajar anak terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
2. Pekerjaan orang tua
dilihat dari segi pendapatannya juga sangat menentukan prestasi belajar anak.
Hipotesis adalah jawaban
sementara yang masih memerlukan pengujian kembali, dari potulat yag dikemukakan
diatas, maka hipotesis penelitian ini adalah :
1.
Tingkat pendidikan (pemahaman) orang tua, akan pentingnya
pendidikan bagi anak di MIS Sakti, masih rendah.
2. Dilihat dari segi jenis
pekerjaan, sebagian besar orang tua musrid MIS Sakti, belum mampu memenuhi
kebutuhan anak dalam belajar.
E. Metode Penelitian
Pembahasan hasil penelitian ini menggunakan
metode deskriptif, yaitu suatu bentuk metode penelitian dengan cara menguraikan
dalam bentuk deskripsi berupa realita yang diperoleh di lapangan. Uraian
deskripsi tersebut selanjutnya dianalisis, diinterprestasikan untuk selanjutnya
diambil suatu kesimpulan sebagai hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Nasution,
Thamrin, (1984). Problema Kenakalan Anak-anak Remaja, Penerbit P.T. Armico,
Bandung
Perquin, Etal,
(1982), Pengaruh Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak, Penerbit Bulan Bintang,
Jakarta
Poerwadarma,
(1986), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta
Lubis, Arsyat
M (1983), Pengaruh Sisoal Ekonomi Keluarga Terhadap Pendidikan Anak, Penerbit
Bulan Bintang, Jakarta
Surachmad,
Winarno, (1982), Pengantar Penelitian Ilmiah, Penerbit Tarsito, Bandung
Belum ada tanggapan untuk "PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MIS SAKTI"
Post a Comment