RPP BAB 1 Unsur Segmental dan Suprasegmental Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SMA
Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        :  XI/1
Materi Pokok           :  Unsur Segmental dan Suprasegmental
Waktu                      :  3 JP

A.     Kompetensi Inti
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, dan damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai  kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar
1.      Memahami dan membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
2.      Menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia

C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
1.      Memahami unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia
2.      Membandingkan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
3.      Menginterpretasi penggunaan unsur segmental dan suprasegmental dalam bahasa Indonesia

D.   Materi  Pembelajaran :
1.    Unsur segmental dalam bahasa Indonesia
Fonem merupakan bunyi bahasa yang dapat disegmentasikan atau dipisah-pisahkan. Fonem tergolong unsur bahasa segmental. Terdapat dua kemungkinan perubahan fonem, yakni perubahan yang bersifat fonetis dan perubahan yang bersifat fonemis. Jika perubahan itu tidak sampai mengubah identitas suatu fonem, perubahan tersebut bersifat fonetis. Jika perubahan itu mengubah identitas fonem, perubahan tersebut bersifat fonemis.
Perubahan fonem juga dapat dikelompokkan berdasarkan kategori lain, yakni asimilasi, disimilasi, modifikasi vokal, netralisasi, zeroisasi, metatesis, diftongisasi, monoftongisasi, dan anaptiksis.
2.    Unsur suprasegmental
Unsur-unsur suprasegmental meliputi lafal, tekanan, intonasi, dan jeda. Unsur-unsur suprasegmental tersebut sangat penting dalam membedakan dan mempertegas maksud kalimat.

E.       Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah:
1.     Diskusi
2.     Tanya Jawab
3.     Penugasan

F.         Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.     Buku Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas XI
2.     Buku-buku penunjang yang relevan
3.     Media massa cetak/ elektronik

G.       Karakter Kebangsaan
1.    Komunikatif
2.    Toleransi

H.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I
KEGI-ATAN
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
·         Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar


·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat

·         Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan
·         Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya

·         Memberikan motivasi tentang unsur segmental dalam bahasa Indonesia

·         Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa unsur segmental dalam bahasa Indonesia
·         Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih dan rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
·         Siswa  menyimak dan menanyakan jika ada  penjelasan yang tidak dimengerti

·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas

·         Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
·         Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.
·         Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
 15 menit
I
N
T
I
·       Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang pengertian unsur segmental dalam bahasa Indonesia
·       Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang unsur segmental dalam bahasa Indonesia


·       Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan unsur segmental dalam bahasa Indonesia
·       Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang unsur segmental dalam bahasa Indonesia

·       Guru menugaskan siswa untuk membuat analisis unsur segmental dalam bahasa Indonesia
·       Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
·    Siswa mengamati literatur dan kehidupan masyarakat di sekitar, guna menemukan unsur segmental dalam bahasa Indonesia

·   . Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar unsur segmental dalam bahasa Indonesia yang telah dijelaskan

·  Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi berbagai unsur segmental dalam bahasa Indonesia. (mengasosiasi)
·  Siswa mengomunikasikan  dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang unsur segmental dalam bahasa Indonesia.

 60 menit
P
E
N
U
T
U
P
·  Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi unsur segmental dalam bahasa Indonesia.
·  Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan prilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
·  Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran
·  Memberikan pekerjaan rumah individu


·    Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
·  Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian 


·  Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes)




·  Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru
·  Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
·  Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
 15 menit





Pertemuan II
KEGI-ATAN
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
·         Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar


·         Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
·         Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
·         Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan diterapkan
·         Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya

·         Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang unsur suprasegmental
·         Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, apik. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
·         Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
·         Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.

·         Siswa  menyimak dan menanyakan jika ada  penjelasan yang tidak dimengerti
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas

·         Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
·         Siswa menyimak motivasi yang disampaikan guru untuk menghantarkan pemahaman kepada materi pembelajaran.

·         Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
15 menit
I
N
T
I
·       Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang unsur suprasegmental
·       Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan topik tersebut.
·       Guru mengarahkan siswa untuk mengamati (membaca) literatur tentang unsur suprasegmental


·       Guru memfasilitasi siswa agar menggali informasi dan mencatat mengenai unsur suprasegmental

·       Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)

·       Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
·    Sisiwa mengamati literatur unsur suprasegmental

·   Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan

·       Siswa mencoba untuk mengeksplorasi dengan cara mencatat dan mengidentifikasi mengenai unsur suprasegmental (mengasosiasi).
·  Siswa mengomunikasikan  dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi unsur suprasegmental

60 menit
P
E
N
U
T
U
P
·  Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi unsur suprasegmental.
·  Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan prilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
·  Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran

·  Memberikan pekerjaan rumah individu

·   Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
·  Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian 

·  Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajara ini (postes)




·  Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru

·  Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.

·  Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
15 menit




           
Pertemuan III
KEGI-ATAN
URAIAN KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
·         Guru menyapa selanjutnya, mengkondisikan kelas, memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar


·         Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
·         Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran secara singkat
·         Guru menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan terapkan
·         Guru menginformasikan sumber belajar berupa; buku, ensiklopedia, artikel koran dan sumber belajar lainnya

·         Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang dua pertemuan sebelumnya
·         Siswa mendengarkan, menjawab sapaan, semua siswa bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas, dan mewujudkan lingkungan kelas yang bersih, rapi. Dan melanjutkan berdoa untuk memulai pelajaran, agar diberi kelancaran oleh Tuhan YME.
·         Siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya
·         Memberikan hasil PR kepada guru untuk dinilai.

·         Siswa  menyimak dan menanyakan jika ada  penjelasan yang tidak dimengerti
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi pembelajaran, dan mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum jelas

·         Siswa menyiapkan buku sumber dan sumber belajar lainnya untuk mencapai penguasaan kompetensi religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan
·         Siswa menjawab pretes dengan jujur untuk mengkaji materi pembelajaran
15 menit

N
T
I
·       Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan unsur segmental dan suprasegmental
·       Siswa diminta untuk membagi kelompok sesuai jumlah siswa untuk mencoba mengeksplorasi perbedaan unsur segmental dan suprasegmental
·       Guru menugaskan siswa untuk membuat presentase berisi poin-poin teori pertumbuhan ekonomi yang telah dipelajari, dan melaporkan hasil pengamatan (eksplorasi)
·       Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
·   Siswa menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang seputar materi yang telah dijelaskan


·  Siswa berdiskusi kelompok mencoba untuk mengeksplorasi perbedaan unsur segmental dan suprasegmental (mengasosiasi)


·  Siswa mengomunikasikan  dengan cara memaparkan hasil pengamatan dan eksplorasi tentang perbedaan unsur segmental dan suprasegmental
·  Siswa membuat presentase berisi poin-poin perbedaan unsur segmental dan suprasegmental (eksplorasi)
60 menit
P
E
N
U
T
U
P
·  Memberikan penguatan pada konsep-konsep esensial yang meliputi semua materi unsur segmental dan suprasegmental
·  Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep yang dipelajari dan perilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
·  Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi pembelajaran

·  Memberikan pekerjaan rumah individu


·  Menanyakan nilai-nilai karakter bangsa apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini.
·  Menyimak penguatan konsep yang disampaikan guru, dan mencatatnya di buku catatan harian 

·  Menjawab secara cepat pertanyaan guru berkaitan dengan konsep-konsep penting yang telah dipahami dalam kegiatan pembelajarna ini (postes)




·  Siswa menyimak evaluasi dan kesimpulan yang dijelaskan guru

·  Mendengarkan dan mencatat pekerjaan rumah yang akan dikaji pada kegiatan pembelajaran yang akan datang.
·  Secara jujur siswa menyampaikan nilai karakter apa saja yang diperoleh setelah proses pembelajaran hari ini.
15 menit


I.       Penilaian
·      Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
·      Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
b.      Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
c.       Peduli dalam kegiatan pembelajaran
d.      Disiplin selama proses pembelajaran
e.       Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
f.       Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas


Observasi

Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang relevan


Penugasan

Penyelesaian pribadi
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan

Unjuk Kegiatan

Penyelesaian kelompok

I.          Instrumen Penilaian hasil Belajar
1.        Penilaian Sikap                 : Observasi
2.        Penilaian Pengetahuan      : Penugasan
3.        Penilaian Keterampilan     : Unjuk Kegiatan

  
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi

Satuan Pendidikan       : SMA
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : XI / 1
Tahun Pelajaran                       :
Waktu Pengamatan      : Pada saat pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi dasar        :
1.      Memahami dan membandingkan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
2.      Menginterpretasikan penggunaan unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia
Indikator                     : 1. Aktif
                                      2. Kerjasama
                                      3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerja sama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan








No
Nama siswa
Sikap
Tanggung jawab
Jujur
Peduli
Kerja sama
Santun
Percaya diri
Disiplin
K
C
B
BS
K
C
B
BS
K
C
B
BS
K
C
B
BS
K
C
B
BS
K
C
B
BS
K
C
B
BS
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































































  K       : Kurang
C       : Cukup
B       : Baik
BS     : Baik Sekali



2. LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan

Satuan Pendidikan       :    SMA
Mata Pelajaran             :    Bahasa Indonesia
Kelas                           :    XI

Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Kelompok
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip




2
Ketepatan memilih bahan




3
Kreativitas




4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas




5
Kerapihan hasil




Jumlah skor

           
Keterangan:4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik          
Nilai Perolehan =


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RPP BAB 1 Unsur Segmental dan Suprasegmental Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi 2016"