1. Menurut
Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian
melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap
obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A. pembelajaran
sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B. pembelajaran
sains dapat diceramahkan secara rinci
C.
Pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D. pembelajaran
sains belum diperlukan
E. Semua
jawaban benar
2. Kapan
tahapan observasi dilakukan?
A. mulai
sebelum pelaksanaan
B. pada
saat pelaksanaan tindakan
C.
setelah pelaksanaan tindakan
D. semua
jawaban benar
E. semua
jawaban salah
3. Dalam
perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada
usia ....
A. 0-8
tahun
B. 0-3
tahun
C.
2-8 tahun
D. 0-5
tahun
E. 9-14
tahun
4. Pernyataan
dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas,
kecuali :
A. Siswa
tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih
dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan
potensi dirinya.
B. Pengumpulan
informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan
berkesinambungan.
C. Hasil
belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun
prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki
sebelumnya.
D.
Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai,
sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak
ada jawaban
5. Komponen
suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan
tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi
komponen
A.
daftar pustaka
B. abstrak
C. daftar
tabel
D. lampiran
E. Ada 3
jawaban benar
6. Soal
dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa
kurang pandai apabila ..
A. butir
soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh
tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi
yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.
banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua
jawaban benar
7. Ciri
utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan
mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun
2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran
Kelas Rangkap
B. Lesson
Study
C.
PAKEM
D. CBSA
E. Tidak
ada jawaban benar
8. Tahapan
PTK yang paling tepat adalah .....
A. perencanaan
– pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B. refleksi
– analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.
perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D. refleksi
–perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E. perencanaan
- Pelaksanaan - Analisis
9. Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan
dan kebutuhan, disebut . .
A. Addition
B.
Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak
ada jawaban
10. Salah
satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A. menjelaskan
partisipan
B. menulis
masalah yang sudah pernah dibahas
C.
memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D. melaporkan
korelasi yang dibahas dalam penelitian
11. Suatu
sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%.
Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65,
maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A. 45,5
B.
56
C. 65
D. 70
E. 75
12. Agar
dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan
penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan
seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.
menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan
teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3
jawaban benar
13. Tulisan
analisis konseptual terdiri dari
A. judul,
abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.
judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. judul
pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. judul,
pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak
ada jawaban benar
14. Batas
lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A. acuan
norma
B.
acuan kriteria
C. gabungan
D. acuan
norma atau kriteria
E. Semua
jawaban benar
15. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A. senjata
makan tuan
B. kumbang
cantik pengisap madu
C.
pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E. Semua
jawaban benar
16. Sampai
sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan
kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A. Relative
advantages
B. Compatibility
C.
Trialability
D. Complexity
E. Semua
jawaban benar
17. Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali
.....
A. tingkat
keseriusan masalah
B. kemampuan
guru untuk menangani masalah
C.
ada tidaknya mitra kolaborasi
D. kompleks
tidaknya masalah.
E. Semua
jawaban benar
18. Salah
satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin
reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A. alat
penilaian diujikan pada orang yang sama
B. alat
penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.
petunjuk pelaksanaan harus jelas
D. perlu
alat penilain pembanding yang berbeda
E. Semua
jawaban benar
19. Kegiatan
laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk
....
A.
Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B. Memfasilitasi
siswa untuk menemukan konsep
C. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan rumus
D. Memfasilitasi
siswa untuk menghafal rumus
E. Semua
jawaban benar
20. Penilaian
acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A. rata-rata
kelompok
B.
kriteria yang telah ditetapkan
C. persentase
kemampuan siswa
D. skor
baku yang telah ditetapkan
E. Semua
jawaban benar
21. Bagian
penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman
dan tindak lanjut
B. simpulan
umum
C. rekomendasi
penulis
D.
simpulan dan saran
E. Ada
dua jawaban benar
22. Keobyektifan
penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B.
baku
C. impersonal
D. personal
E. Semua
jawaban benar
23. Kelebihan
soal obyektif antara lain ...
A. materi
uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya
mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya
cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.
materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2
jawaban benar
24. Analisis
soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli
bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa
ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.
beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli
materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2
jawaban benar
25. Struktur
sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A.
pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan,
abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak,
pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak,
bagian inti, penutup
E. Semua
jawaban benar
26. Berikut
ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.
Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan
sehari-hari.
B. Memfasilitasi
siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi
siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami
konsep itu.
E. Semua
jawaban benar
27. Suatu
sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%.
Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65,
maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A. 45,5
B.
56
C. 65
D. 70
E. 75
28. Dalam
perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada
usia ....
A. 0-8
tahun
B. 0-3
tahun
C.
2-8 tahun
D. 0-5
tahun
E. 9-14
tahun
29. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A. senjata
makan tuan
B. kumbang
cantik pengisap madu
C.
pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E. Semua
jawaban benar
30. Salah
satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk
katgori sukar yaitu ....
A. Pengecoh
butir soal itu tidak berfungsi
B. Sebagian
besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C. Sebagian
besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.
Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E. Tidak
ada jawaban benar
31. Fanatism
daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul
dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural
Block
B. Mental
Block Barries
C.
Social Block
D. System
Block
E. Social
System
32. Alat
penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A.
tes
B. daftar
pertanyaan
C. lembar
observasi
D. lembar
wawancara
E. Semua
jawaban benar
33. Berikut
ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A.
Mencatat (Recording )
B. Menerima
(Receiving)
C. Menjawab
(Responding)
D. Menilai
(Valuing)
E. Semua
jawaban salah
34. Kegiatan
laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk
....
A.
Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B. Memfasilitasi
siswa untuk menemukan konsep
C. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan rumus
D. Memfasilitasi
siswa untuk menghafal rumus
E. Semua
jawaban benar
35. Kapan
tahapan observasi dilakukan?
A. mulai
sebelum pelaksanaan
B. pada
saat pelaksanaan tindakan
C. setelah
pelaksanaan tindakan
D.
semua jawaban benar
E. semua
jawaban salah
36. Suatu
sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%.
Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65,
maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A. 45,5
B.
56
C. 65
D. 70
E. 75
37. Suatu
sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis
melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan
pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas
fisik
C.
Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan
waktu
E. Tidak
ada jawaban
38. Dalam
suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat
dilihat di bagian
A. pendahuluan
B. metode
C. hasil
D.
diskusi
E. Semua
jawaban benar
39. Inovasi
merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada
sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.
Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew
B. Milers
C. Sumantri
Mulyani
D. Rabbin
E. Semua
jawaban salah
40. Rambu-rambu
penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah
...
A. fokuskan
pada satu strategi penilaian
B. gunakan
satu teknik penilaian tertentu
C.
padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
D. gunakan
format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
E. Semua
jawaban benar
41. Adat
yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang
timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.
Cultural Block
B. Mental
Block Barries
C. Social
Block
D. System
Block
E. Cultural
Social
42. Rekomendasi
untuk judul adalah
A. 8-10
kata
B.
10-12 kata
C. 12-15
kata
D. 15-30
kata
E. 30-50
kata
43. Soal
dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa
kurang pandai apabila ..
A. butir
soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh
tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi
yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.
banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua
jawaban benar
44. Kelemahan
dari penilaian acuan kriteria adalah ...
A. harus
menghitung rata-rata lebih dahulu
B. kriteria
keberhasilan selalu berubah
C. tidak
dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran
D.
dapat terjadi semua siswa tidak lulus
E. Semua
jawaban benar
45. Kebenaran
ilmu pengetahuan bersifat
A.
Mutlak
B. mantap
C. tentatif
D. pasti
E. Semua
jawaban benar
46. Di
bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal
bentuk uraian kecuali ....
A.
Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B. Menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C. Ada
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D. Tabel
atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E. Tidak
ada jawaban
47. Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap
pengetahuan (kowledge)
B.
Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap
pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap
implementasi (implementation)
E. Tidak
ada jawaban
48. Skor
maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77
dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B.
54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
49. Aspek
konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu
antara lain ...
A. Pertanyaan
dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B. Rumusan
kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C.
Pertanyaan menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D. Rumusan
kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E. Ada 2
jawaban benar
50. Salah
satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah...
A. skepstis
B. apatis
C. pesimis
D. romantis
E.
Semua jawaban salah
Belum ada tanggapan untuk "Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG KIMIA DAN KUNCI JAWABAN"
Post a Comment