1. Analisis
soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli
bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa
ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa
ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli
materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2
jawaban benar
2. Mereka
yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah .
. . .
A. Inovators
B. Early
Adopters
C. Early
Majority
D. Late
Majority
E. Tidak
ada jawaban
3. Pengaruh
pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A. Penyediaan
lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B. Pemberian
kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan
anggota tubuh.
C. Mengantisipasi
dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D. Anak
memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E. Semua
jawaban benar
4. Melakukan
kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang
menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness
Interest
E. Trial
Evaluation
5. Penilaian
yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
6. Di
bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal
bentuk uraian kecuali ....
A. Ada
kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B. Menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C. Ada
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D. Tabel
atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E. Tidak
ada jawaban
7. Keobyektifan
penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku
C. impersonal
D. personal
E. Semua
jawaban benar
8. Referensi
memuat semua rujukan yang
A. pernah
dibaca penulis
B. perlu
dibaca pembaca
C. dimuat
dalam badan tulisan
D. diperlukan
dalam pengembangan tulisan
E. Semua
jawaban benar
9. Berikut
ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A. memberikan
umpan balik bagi siswa
B. mendiagnosis
kesulitan belajar siswa
C. memberikan
umpan balik bagi guru
D. mengontrol
perkembangan siswa
E. Semua
jawaban salah
10. Fanatism
daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul
dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural
Block
B. Mental
Block Barries
C. Social
Block
D. System
Block
E. Social
System
11. Salah
satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin
reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A. alat
penilaian diujikan pada orang yang sama
B. alat
penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C. petunjuk
pelaksanaan harus jelas
D. perlu
alat penilain pembanding yang berbeda
E. Semua
jawaban benar
12. Fokus
asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A. Kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan
memecahkan masalah
C. Pengembangan
sikap
D. Penekanan
pada generalisasi.
E. Semua
jawaban salah
13. Tahap
komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat
mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness
Interest
E. Wareness
Trial
14. Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan
tuntutan dan kebutuhan, disebut . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak
ada jawaban
15. Adanya
saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . .
.
A. Information
B. Convergence
C. Mutual
Understanding
D. Network
Relationship
E. Semua
jawaban salah
16. Portofolio
sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A. Selama
pembelajaran berlangsung
B. Ketika
akan dimulai pembelajaran
C. pada
saat psnkoran
D. Jawaban
benar semua
E. Jawaban
salah semua
17. Dalam
perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada
usia .
A. 0-8
tahun
B. 0-3
tahun
C. 2-8
tahun
D. 0-5
tahun
E. 9-14
tahun
18. Berikut
ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi
siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi
siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi
siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami
konsep itu.
E. Semua
jawaban benar
19. Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali
.....
A. tingkat
keseriusan masalah
B. kemampuan
guru untuk menangani masalah
C. ada
tidaknya mitra kolaborasi
D. kompleks
tidaknya masalah.
E. Semua
jawaban benar
20. Menurut
Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian
melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap
obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A. pembelajaran
sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B. pembelajaran
sains dapat diceramahkan secara rinci
C. pembelajaran
sains memerlukan alat peraga
D. pembelajaran
sains belum diperlukan
E. Semua
jawaban benar
21. Berikut
ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan
pelajaran siswa
B. catatan
harian sikap siswa
C. hasil
pekerjaan siswa
D. profil
perkembangan siswa
E. Semua
jawaban benar
22. Pernyataan
dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas,
kecuali :
A. Siswa
tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih
dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan
potensi dirinya.
B. Pengumpulan
informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan
berkesinambungan.
C. Hasil
belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun
prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki
sebelumnya.
D. Penilaian
dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi
guru.
E. Tidak
ada jawaban
23. Berikut
ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A. memaparkan
bidang ilmu tertentu
B. merupakan
deskripsi suatu kejadian
C. menggunakan
gaya bahasa resmi
D. disajikan
secara sistematis
E. Semua
jawaban salah
24. Alat
penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A. tes
B. daftar
pertanyaan
C. lembar
observasi
D. lembar
wawancara
E. Semua
jawaban benar
25. Sampai
sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan
suatu
A. Relative
advantages
B. Complexity
C. Observability
D. Compatibility
E. Semua
jawaban salah
26. Dalam
perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada
usia
A. A.0-8
tahun
B. B.0-3
tahun
C. C.2-8
tahun
D. D.0-5
tahun
E. E.9-14
tahun
27. Kemampuan
yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki
implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan
penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam
konsep :
A. A.Kompetensi
B. B.Standar
kompetensi
C. C.Kompetensi
dasar
D. D.Indikator
pencapaian belajar.
28. Penilaian
yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
29. Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap
pengetahuan (kowledge)
B. Tahap
bujukan (persuasion)
C. Tahap
pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap
implementasi (implementation)
E. Tidak
ada jawaban
30. Penilaian
sikap lebih sulit dilakukan, karena ...
A. A.sumber
kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
B. B.stabilitas
emosi subjek yang dinilai
C. C.indikator
perilaku sangat banyak jumlahnya
D. D.reliabilitasnya
bergantung pada variabel perilaku yang relevan
E. E.Semua
jawaban benar
31. Berikut
ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A. memiliki
unsur keterbaruan
B. dapat
memecahkan suatu masalah
C. memiliki
unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D. tidak
harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E. Ada 2
jawaban benar
32. Kelebihan
dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A. penilaiannya
mutlak
B. subjek
yang dinilai lebih terbatas
C. pedoman
penilaian lengkap
D. lebih
praktis
E. Semua
jawaban benar
33. Soal
dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa
kurang pandai apabila ..
A. butir
soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh
tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi
yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D. banyak
siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua
jawaban benar
34. Fokus
asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A. Kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan
memecahkan masalah
C. Pengembangan
sikap
D. Penekanan
pada generalisasi.
E. Semua
jawaban salah
35. Agar
dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan
penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan
seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun
kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan
teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3
jawaban benar
36. Penilaian
yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
37. Mengaitkan
berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi
pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan
yang ingin dicapai
B. Prosedur
yang digunakan
C. Kondisi
normatif
D. Struktur
sosial
E. Semua
jawaban benar
38. Fanatism
daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul
dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural
Block
B. Mental
Block Barries
C. Social
Block
D. System
Block
E. Social
System
39. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A. senjata
makan tuan
B. kumbang
cantik pengisap madu
C. pengaruh
gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E. Semua
jawaban benar
40. Komponen
suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan
tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi
komponen
A. daftar
pustaka
B. abstrak
C. daftar
tabel
D. lampiran
E. Ada 3
jawaban benar
41. Salah
satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A. menjelaskan
partisipan
B. menulis
masalah yang sudah pernah dibahas
C. memecah
satu penelitian menjadi beberapa artikel
D. melaporkan
korelasi yang dibahas dalam penelitian
42. Portofolio
sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A. Selama
pembelajaran berlangsung
B. Ketika
akan dimulai pembelajaran
C. pada
saat psnkoran
D. Jawaban
benar semua
E. Jawaban
salah semua
43. Agar
dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan
penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan
seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun
kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan
teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3
jawaban benar
44. Untuk
membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat
mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai
pembeda adalah
A. sistematika
tulisan
B. panjang
tulisan
C. ragam
bahasa yang digunakan
D. pengarang
E. Ada 3
jawaban benar
45. Berikut
ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalambekerja ilmiah.
1. melaksanakan
percobaan
2. menarik
kesimpulan
3. merencanakan
percobaan
4. mengajukan
hipotesis
5. merumuskan
masalah
6. mengolah
data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah
adalah ....
A. (1),
(2), (3), (4), (5), (6)
B. (4),
(5), (3), (1), (6), (2)
C. (5),
(3), (1), (6), (4), (2)
D. (5),
(4), (3), (1), (6), (2)
E. Semua
jawaban salah
46. Artikel
dapat dikelompokkan menjadi
A. artikel
laporan dan artikel rujukan
B. artikel
konseptual dan artikel teoritis
C. artikel
hasil telaahan dan artikel teoritis
D. artikel
hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E. Tidak
ada jawaban yang benar
47. Berikut
ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi
siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi
siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi
siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami
konsep itu.
E. Semua
jawaban benar
48. Ciri
utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan
mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun
2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran
Kelas Rangkap
B. Lesson
Study
C. PAKEM
D. CBSA
E. Tidak
ada jawaban benar
49. Skor
maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77
dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B. 54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
F. Jawaban:
B
50. Berikut
ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat
(Recording )
B. Menerima
(Receiving)
C. Menjawab
(Responding)
D. Menilai
(Valuing)
E. Semua
jawaban salah
51. Kelebihan
soal obyektif antara lain ...
A. materi
uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya
mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya
cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi
uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2
jawaban benar
52. Sampai
sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan
kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A. Relative
advantages
B. Compatibility
C. Trialability
D. Complexity
E. Semua
jawaban benar
53. Penilaian
yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
54. Kegiatan
laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk
....
A. Memfasilitasi
siswa untuk menerapkan konsep
B. Memfasilitasi
siswa untuk menemukan konsep
C. Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan rumus
D. Memfasilitasi
siswa untuk menghafal rumus
E. Semua
jawaban benar
55. Skor
maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77
dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B. 54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
56. Kapan
tahapan observasi dilakukan?
A. mulai
sebelum pelaksanaan
B. pada
saat pelaksanaan tindakan
C. setelah
pelaksanaan tindakan
D. semua
jawaban benar
E. semua
jawaban salah
57. Cara
pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali
.....
A. kondisi
lingkungan sekolah
B. jumlah
siswa dalam kelas
C. waktu
yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D. sarana
dan fasilitas yang tersedia.
E. Semua
jawaban benar
58. Tulisan
analisis konseptual terdiri dari
A. judul,
abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B. judul,
abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. judul
pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. judul,
pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak
ada jawaban benar
59. Mengaitkan
berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi
pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan
yang ingin dicapai
B. Prosedur
yang digunakan
C. Kondisi
normatif
D. Struktur
sosial
E. Semua
jawaban benar
Kunci Jawaban
Soal PJOK SMA
1. C
2. B
3. B
4. B
5. B
6. A
7. B
8. C
9. D
10. C
11. C
12. D
13. D
14. B
15. C
16. D
17. C
18. A
19. C
20. C
21. A
22. D
23. B
24. A
25. D
26. C
27. B
28. B
29. B
30. D
31. A
32. C
33. D
34. D
35. C
36. B
37. D
38. C
39. C
40. A
41. C
42. D
43. C
44. A
45. D
46. C
47. A
48. C
49. B
50. A
51. D
52. C
53. B
54. A
55. B
56. D
57. B
58. B
59. D
Belum ada tanggapan untuk "Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG PJOK/PENJAS DAN KUNCI JAWABAN"
Post a Comment