Sejarah SMA
1. Pengaruh
pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A. Penyediaan
lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B. Pemberian
kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan
anggota tubuh.
C. Mengantisipasi
dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D. Anak
memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E. Semua
jawaban benar
2. Unsur
yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A. organ,
saraf, dan otak
B. otot,
badan, dan otak
C. otot,
saraf, dan otak
D. otot,
saraf, dan pikiran
E. otak,
mainan edukatif
3. Artikel
dapat dikelompokkan menjadi
A. artikel
laporan dan artikel rujukan
B. artikel
konseptual dan artikel teoritis
C. artikel
hasil telaahan dan artikel teoritis
D. artikel
hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E. Tidak
ada jawaban yang benar
4. Alat
penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A. tes
B. daftar
pertanyaan
C. lembar
observasi
D. lembar
wawancara
E. Semua
jawaban benar
5. Adalah
proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai
suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
E. Semua
jawaban salah
6. Kelebihan
soal obyektif antara lain ...
A. materi
uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya
mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya
cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi
uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2
jawaban benar
7. Substansi
suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling
sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh
subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua
jawaban salah
8. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A. senjata
makan tuan
B. kumbang
cantik pengisap madu
C. pengaruh
gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E. Semua
jawaban benar
9. Aspek
konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu
antara lain ...
A. Pertanyaan
dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B. Rumusan
kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C. Pertanyaan
menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D. Rumusan
kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E. Ada 2
jawaban benar
10. Aspek-aspek
yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap
penulis
B. panjang
tulisan
C. struktur
sajian
D. penggunaan
bahasa
E. Tidak
ada jawaban benar
11. Menurut
Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian
melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap
obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A. pembelajaran
sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B. pembelajaran
sains dapat diceramahkan secara rinci
C. pembelajaran
sains memerlukan alat peraga
D. pembelajaran
sains belum diperlukan
E. Semua
jawaban benar
12. Daffa
memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120.
Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah
...
A. 0,5
B. 0,9
C. 3,0
D. 3,5
E. 2,5
13. Inovasi
merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada
sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa
S. Hamidjaja
B. Mattew
B. Milers
C. Sumantri
Mulyani
D. Rabbin
E. Semua
jawaban salah
14. Kegiatan
asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A. Melakukan
tanya jawab secara langsung dengan anak
B. Memberikan
tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C. Mengamati
kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D. Semuanya
jawaban benar.
E. Semua
jawaban salah
15. Skor
maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77
dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B. 54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
16. Keuntungan
menggunakan PAN adalah ...
A. dapat
meningkatkan kualitas hasil belajar
B. praktis
C. dapat
dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D. dapat
mengetahui prestasi kelompok
E. Semua
jawaban benar
17. Adanya
saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . .
.
A. Information
B. Convergence
C. Mutual
Understanding
D. Network
Relationship
E. Semua
jawaban salah
18. Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali
.....
A. tingkat
keseriusan masalah
B. kemampuan
guru untuk menangani masalah
C. ada
tidaknya mitra kolaborasi
D. kompleks
tidaknya masalah.
E. Semua
jawaban benar
19. Suatu
sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%.
Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65,
maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A. 45,5
B. 56
C. 65
D. 70
E. 75
20. Kemampuan
siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek
adalah kemampuan ...
A. berpikir
ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan
laporan
B. mendesain
hasil karya
C. memilih
dan menggunakan alat di lapangan
D. menilai
hasil karya secara analitis dan holistik
E. Semua
jawaban benar
21. Analisis
soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli
bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa
ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa
ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli
materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2
jawaban benar
22. Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap
pengetahuan (kowledge)
B. Tahap
bujukan (persuasion)
C. Tahap
pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap
implementasi (implementation)
E. Tidak
ada jawaban
23. Salah
satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah
berikut ini
A. apa
inti teori/konsep yang dibahas?
B. mengapa
konsep itu dibahas?
C. Apa
kesimpulan yang dapat ditarik?
D. Apa
tindak lanjut yang perlu dilakukan?
E. Tidak
ada jawaban benar
24. Mengaitkan
berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi
pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan
yang ingin dicapai
B. Prosedur
yang digunakan
C. Kondisi
normatif
D. Struktur
sosial
E. Semua
jawaban benar
25. Komponen
suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan
tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi
komponen
A. daftar
pustaka
B. abstrak
C. daftar
tabel
D. lampiran
E. Ada 3
jawaban benar
26. Melatih
peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau
berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A. CBSA
/ Cara Belajar Siswa Aktif
B. MBS /
Manajemen Berbasis Sekolah
C. PKR /
Pembelajaran Kelas Rangkap
D. Unit
/ Pembelajaran Terpadu.
E. PKR -
Unit
27. Berikut
ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A. memiliki
unsur keterbaruan
B. dapat
memecahkan suatu masalah
C. memiliki
unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D. tidak
harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E. Ada 2
jawaban benar
28. Proses
pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara
membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A. Pengukuran
B. Asesmen
C. Tes
D. Evaluasi
E. Semua
benar
29. Salah
satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk
katgori sukar yaitu ....
A. Pengecoh
butir soal itu tidak berfungsi
B. Sebagian
besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C. Sebagian
besar siswa menjawab benar butir soal itu
D. Butir
soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E. Tidak
ada jawaban benar
30. Soal
dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa
kurang pandai apabila ..
A. butir
soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh
tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi
yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D. banyak
siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua
jawaban benar
31. Kemampuan
yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki
implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan
penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam
konsep :
A. Kompetensi
B. Standar
kompetensi
C. Kompetensi
dasar
D. Indikator
pencapaian belajar.
32. Salah
satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai
komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan
tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak
ada jawaban
33. Substansi
suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling
sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh
subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua
jawaban salah
34. Indikator
yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya
adalah ...
A. kerapihan,
kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
B. pengetahuan,
pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
C. kesesuaian
produk dengan kontribusi guru
D. kesesuaian
kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
E. Semua
jawaban benar
35. Bagian
penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman
dan tindak lanjut
B. simpulan
umum
C. rekomendasi
penulis
D. simpulan
dan saran
E. Ada
dua jawaban benar
36. Berikut
ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan
pelajaran siswa
B. catatan
harian sikap siswa
C. hasil
pekerjaan siswa
D. profil
perkembangan siswa
E. Semua
jawaban benar
37. Mereka
merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru
adalah . . . .
A. Late
Majority
B. Late
Adopters
C. Early
Majority
D. Early
Adopters
E. Ada 2
jawaban benar
38. Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A. senjata
makan tuan
B. kumbang
cantik pengisap madu
C. pengaruh
gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E. Semua
jawaban benar
39. Fungsi
penilaian kelas antara lain adalah ...
A. menggambarkan
penguasaan konpetensi siswa
B. memberikan
umpan balik secara berkesinambungan
C. mempertimbangkan
kebutuhan khusus peserta didik
D. meningkatkan
mutu proses pembelajaran seefektif mungkin.
E. Semua
jawaban benar
40. Fokus
asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A. Kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan
memecahkan masalah
C. Pengembangan
sikap
D. Penekanan
pada generalisasi.
E. Semua
jawaban salah
41. Sampai
sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan
suatu . . . .
A. Relative
advantages
B. Complexity
C. Observability
D. Compatibility
E. Semua
jawaban salah
42. Struktur
sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. pendahuluan,
inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan,
abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak,
pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak,
bagian inti, penutup
E. Semua
jawaban benar
43. Di
bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal
bentuk uraian kecuali ....
A. Ada
kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B. Menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C. Ada
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D. Tabel
atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E. Tidak
ada jawaban
44. Dalam
perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada
usia ....
A. 0-8
tahun
B. 0-3
tahun
C. 2-8
tahun
D. 0-5
tahun
E. 9-14
tahun
45. Kegiatan
asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A. Melakukan
tanya jawab secara langsung dengan anak
B. Memberikan
tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C. Mengamati
kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D. Semuanya
jawaban benar.
E. Semua
jawaban salah
46. Kelemahan
dari penilaian acuan kriteria adalah ...
A. harus
menghitung rata-rata lebih dahulu
B. kriteria
keberhasilan selalu berubah
C. tidak
dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran
D. dapat
terjadi semua siswa tidak lulus
E. Semua
jawaban benar
47. Dalam
karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap
ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan
pada, kecuali
A. fakta
atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori
yang diakui kebenarannya
D. data
empirik/hasil penelitian
E. Semua
jawaban salah
48. Mereka
yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah .
. . .
A. Inovators
B. Early
Adopters
C. Early
Majority
D. Late
Majority
E. Tidak
ada jawaban
49. Struktur
sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. pendahuluan,
inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan,
abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak,
pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak,
bagian inti, penutup
E. Semua
jawaban benar
50. Suatu
proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut
kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan
sekolah.
Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
A. Asesmen
B. Evaluasi
C. Pengukuran
D. Tes
E. Semua
jawaban salah
Kunci jawaban
Sejarah SMAS
1.
B
2.
C
3.
C
4.
A
5.
C
6.
D
7.
C
8.
C
9.
C
10. B
11. C
12. A
13. A
14. D
15. B
16. D
17. C
18. C
19. B
20. C
21. C
22. B
23. A
24. D
25. A
26. D
27. A
28. D
29. D
30. D
31. B
32. B
33. C
34. B
35. D
36. A
37. A
38. C
39. A
40. D
41. D
42. A
43. A
44. C
45. D
46. D
47. B
48. B
49. A
50. A
Belum ada tanggapan untuk "Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG SEJARAH DAN KUNCI JAWABAN"
Post a Comment