Overview KKG
KKG
singkatan dari Kelompok Kerja Guru, berfungsi sebagai wadah untuk melakukan
berbagai kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, antara lain merencanakan
strategi belajar mengajar, membuat alat pelajaran, membuat lembar kerja,Iembar
tugas, dan mendiskusikan masalah-masalah yang dijumpai di kelas masing-masing
guru. KKG termasuk salah satu teknik yang dilakukan dalam supervisi pendidikan.
Personil yang terlibat dalam KKG adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, dan
guru.
Pengawas
betperan sebagai pembina yang bekerjasama dengan kepala sekolah, dan guru
adalah sasaran dari pembinaan tersebut. Namun pada kenyataannya tidak demikian,
dalam pelaksanaannya KKG belum rutin dilaksanakan. Selain itu baik pengawas
maupun guru-guru kurang ada persiapan bila akan mengikuti KKG, sehingga KKG
tidak berfungsi sesuai dengan tujuan semula, materi yang akan dibahas dalam KKG
kurang sesuai dengan kebutuhan guru. Para guru cenderung bersikap pasif, mereka
tidak mengutarakan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi di lapangan.
Pengawas juga kurang dapat menyediakan informasi dan pengetahuan bau yang bisa
mengembangkan kemampuan guru. Jadi KKG dilaksanakan hanya sekedar memenuhi
kewajiban, bukan suatu kebutuhan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
Fokus
penelitian adalah persepsi guru terhadap fungsi KKG, khususnya gugus 4 dan
gugus 7 Kecamatan Bubutan serta gugus 1 dan gugus 2 Kecamatan Sawahan.
Pengambilan data menggunakan metode interview dan metode observasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
deskriptif yang disusun secara kuantitatif Dari hasil penelitian disimpulkan
bahwa pelaksanaan KKG memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya
antara lain membahas persiapan mengajar, membahas penggunaan alat peraga, serta
kaidah-kaidah dalam pembuatan soal. Sedangkan kelemahannya antara lain KKG
kurang berfungsi dalam membahas pengorganisasian pengajaran, merencanakan dan
implementasi dalam meningkatkan kinerja guru, memberikan informasi tentang
tugas dan cara baru dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan kerjasama
sekolah dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi
saran bagi pihak pengawas, kepala sekolah dan guru agar beberapa kelebihan
dipertahankan dan diadakan peningkatan diantaranya peningkatan frekuensi tatap
muka pengawas dengan guru sehingga KKG dapat berkembang sesuai tujuan.
Pengawas
diharapkan dapat memperluas wawasan dan menjalin kerjasama dengan instansi
terkait, dengan demikian pembinaan terhadap guru akan lebih berkembang. Kepala
sekolah diharapkan dapat bekerjasama dengan pengawas dalam membina guru
terutama dalam pembuatan persiapan mengajar. Para guru diharapkan lebih terbuka
dan aktif dalam KKG. Bagi penelitian selanjutuya dapat memperluasan sampel dan
pertimbangkan peran ketua gugus dan pemandu bidang studi. Topik penelitian
lebih lanjut analisis keterkaitan masing-masing pihak dalam KKG yaitu pengawas
sekolah, ketua gugus, pemandu bidang studi dan guru.
Belum ada tanggapan untuk "Overview KKG"
Post a Comment