MATERI DIKLAT KEGIATAN
BIMTEK KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TINGKAT SD SE KABUPATEN PIDIE DAN PIDIE JAYA
TANGGAL 2 S/D 6 MEI
2016
Overview KKG
KKG singkatan dari Kelompok Kerja Guru, berfungsi
sebagai wadah untuk melakukan berbagai kegiatan penunjang kegiatan belajar
mengajar, antara lain merencanakan strategi belajar mengajar, membuat alat
pelajaran, membuat lembar kerja,Iembar tugas, dan mendiskusikan masalah-masalah
yang dijumpai di kelas masing-masing guru. KKG termasuk salah satu teknik yang
dilakukan dalam supervisi pendidikan. Personil yang terlibat dalam KKG adalah
pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru.
Pengawas betperan sebagai pembina yang bekerjasama
dengan kepala sekolah, dan guru adalah sasaran dari pembinaan tersebut. Namun
pada kenyataannya tidak demikian, dalam pelaksanaannya KKG belum rutin
dilaksanakan. Selain itu baik pengawas maupun guru-guru kurang ada persiapan
bila akan mengikuti KKG, sehingga KKG tidak berfungsi sesuai dengan tujuan
semula, materi yang akan dibahas dalam KKG kurang sesuai dengan kebutuhan guru.
Para guru cenderung bersikap pasif, mereka tidak mengutarakan
permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi di lapangan. Pengawas juga kurang
dapat menyediakan informasi dan pengetahuan bau yang bisa mengembangkan
kemampuan guru. Jadi KKG dilaksanakan hanya sekedar memenuhi kewajiban, bukan
suatu kebutuhan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
Fokus penelitian adalah persepsi guru terhadap
fungsi KKG, khususnya gugus 4 dan gugus 7 Kecamatan Bubutan serta gugus 1 dan
gugus 2 Kecamatan Sawahan. Pengambilan data menggunakan metode interview dan
metode observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik deskriptif yang disusun secara kuantitatif Dari
hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan KKG memiliki beberapa kelebihan
dan kelemahan. Kelebihannya antara lain membahas persiapan mengajar, membahas
penggunaan alat peraga, serta kaidah-kaidah dalam pembuatan soal. Sedangkan
kelemahannya antara lain KKG kurang berfungsi dalam membahas pengorganisasian
pengajaran, merencanakan dan implementasi dalam meningkatkan kinerja guru,
memberikan informasi tentang tugas dan cara baru dalam proses belajar mengajar
dan mengembangkan kerjasama sekolah dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini
diharapkan dapat memberi saran bagi pihak pengawas, kepala sekolah dan guru
agar beberapa kelebihan dipertahankan dan diadakan peningkatan diantaranya
peningkatan frekuensi tatap muka pengawas dengan guru sehingga KKG dapat
berkembang sesuai tujuan.
Pengawas diharapkan dapat memperluas wawasan dan
menjalin kerjasama dengan instansi terkait, dengan demikian pembinaan terhadap
guru akan lebih berkembang. Kepala sekolah diharapkan dapat bekerjasama dengan
pengawas dalam membina guru terutama dalam pembuatan persiapan mengajar. Para
guru diharapkan lebih terbuka dan aktif dalam KKG. Bagi penelitian selanjutuya
dapat memperluasan sampel dan pertimbangkan peran ketua gugus dan pemandu
bidang studi. Topik penelitian lebih lanjut analisis keterkaitan masing-masing
pihak dalam KKG yaitu pengawas sekolah, ketua gugus, pemandu bidang studi dan
guru.
Belum ada tanggapan untuk "Materi Diklat Pelatihan Overview KKG"
Post a Comment